Seluruh Dinkes se -Jateng Survilance Soal Virus Korona

oleh -884 Dilihat
oleh
Lilik Hernanto SKM Mkes

Menerima Rujukan

Selain kesepakatan itu, seluruh Rumah Sakit se Jawa Tengah harus siap menerima rujukan suspect NC0v. Menyiapkan fasilitas ruang isolasi, alat pelindung diri dan obat-obatan yang diperlukan.

Sementara itu, Rumah sakit diminta menyiapkan posko kewaspadaan yang melayani informasi, konsultasi dan melayani pemeriksaan.

Sebagaimana diketahui, Dinkes Blora mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak panik dan gelisah terkait dampak virus korona yang mewabah di Wuhan, China dan saat ini lagi gencar diperbincangkan.

Plt Kepala Dinkes Blora, Lilik Hernanto, SKM Mkes meminta agar setiap orang memastikan kondisi fisik selalu sehat dan jaga kebersihan. Cuci tangan pakai sabun, setelah itu bilas lebih kurang 20 detik.

”Banyak makan buah dan sayur, jaga stamina, pakai masker kalau batuk dan atau berkumpul di tempat-tempat umum,” beber Lilik.

Baca Juga :  Memasuki Era New Normal, di Blora Ada Tambahan 5 Kasus Covid -19 Baru

Jika tidak tersedia air, lanjut Lilik, dapat pula menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70 hingga – 80 %. Kalau mengalami suhu badan lebih dari 38 derajat Celsius, Lilik Hernanto sarankan segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan terdekat (Puskesmas, RSU)

Sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah sudah mendapatkan rujukan untuk perawatan pasien yang diduga suspect virus korona. Diantaranya, RS Moewardi Solo, RS Karyadi Semarang, RS Margono Banyumas, RS Soeradji Tirtonegoro Klaten, RS Soeselo Slawi dan RS Tidar Kota Magelang. (*)

”Untuk rumah sakit di Blora sendiri juga siap menerima pasien yang diduga suspect virus Korona. Tapi sampai sekarang belum ada dugaan kasus suspect virus korona,” tambah Lilik Hernanto. (Bagas/C54/red)

Tinggalkan Balasan