Wouw… Produksi Sampah di Blora Kota Capai 30 Ton Lebih/Hari

oleh -1128 Dilihat
oleh
SATGAS SAMPAH : Bupati Blora. H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, kukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar di bantaran Kali Lusi, tepatnya di bawah Jembatan Kaliwangan Kelurahan Mlangsen, Blora Kota.

” SETIAP hari jumlah produksi sampah di Blora mencapai lebih dari 30 Ton. Belambah sampah di Cepu dan kecamatan lainnya. Untuk itu DLH Blora mendorong warga untuk mengolah sampah yang benar dan dinas tersebut siap untuk memfasilitasi pembentukan bank sampah.”

BLORA, topdetiknews.com –  Luar biasa, setiap hari jumlah produksi sampah di Blora mencapai lebih dari 30 Ton. Belambah sampah di Cepu dan kecamatan lainnya. Untuk itu DLH Blora mendorong warga untuk mengolah sampah yang benar dan dinas tersebut siap untuk memfasilitasi pembentukan bank sampah.

Hal itu disampaikan  Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah, Bayu HImawan, ST, MM di sela-sela pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar Jumat, (8/10/2021) pagi, oleh Bupati Blora. H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM.

Menurut Bayu, rata-rata setiap hari ada sampah 34 ton yang masuk di TPA Temurejo Blora. Hal itu belum termasuk sampah di Cepu dan kecamatan lainnya.

‘’Oleh karena itu kita ajak masyarakat untuk bergerak bersama mengolah sampah yang benar. Kita siap memfasilitasi pembentukan bank sampah,” terang Bayu Himawan. Dikatakan, pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama para relawan cinta kebersihan.

Baca Juga :  Masih 12 Orang, Tenaga Medis RSU Cepu Yang Isolasi di Hotel

Dikemukakan  Bupati Arief, dengan telah dikukuhkannya tim sapu bersih (saber) sampah liar Kabupaten Blora itu, diharapkan  satgas menjadi ujung tombak penanganan tempat pembuangan sampah liar untuk membantu DLH.

‘’Satgas kita minta untuk aktif di media sosial, sehingga ketika ada laporan masyarakat tentang penumpukan sampah liar bisa segera dibersihkan,” ungkap Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.

Kepada warga Bupati minta agar bisa meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. ‘’Buanglah sampah pada tempatnya atau bentuk bank sampah di setiap desa/kelurahan, inshaAllah DLH siap memfasilitasi,” tambah Bupati Arief.

Terpisah Plt. Kepala DLH Blora, Drs. Sugiyono, M.Si., menyatakan,  Satgas Saber Sampah Liar ini tidak akan bekerja di Blora saja namun juga di Kecamatan Cepu. ‘’Nanti akan kita bentuk tim lagi untuk Cepu, mengingat volume sampah yang potensinya besar ada di Blora dan Cepu,” paparnya.

Diketahui, Tim Satgas Saber Sampah Liar yang dikukuhkan diketuai oleh Tri Ratna Puji Santoso selaku koordinator, dan beranggotakan para relawan dari berbagai wilayah Desa/Kelurahan. Usai pengukuhan langsung dilakukan aksi bersih-bersih secara massal, bergotong royong membersihkan sampah liar yang ada di kawasan bawah Jembatan Kaliwangan.

Baca Juga :  Grebek Kos-Kosan, Polisi Amankan Dua Pria Diduga Nyabu

Sampah yang ada di bawah jembatan, dinaikkan secara bergantian dan diangkut oleh truk DLH ke TPA. Baik sampah organic maupun anorganik, termasuk sampah plastik. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.