Semua Rute Jalan Blora – Todanan Kondisinya Memprihatinkan

oleh -665 Dilihat
oleh
Kondisi ruas jalan di Desa Kedungwaru, Kecamatan Kunduran yang dalam kondisi rusak parah. (Foto || topdetiknews.com/Muji)

” TAMPAKNYA tak ada pilihan Bagi warga Blora yang ingin ke ibukota Kecamatan Todanan. Semua rute, baik dari Blora – Kunduran – Todanan, maupun Blora – Ngawen – Japah – Todanan, saat ini kondisi jalannya memprihatinkan (rusak). “

BLORA, topdetiknews.com  – Bagi warga Blora yang ingin ke ibukota Kecamatan Todanan, tak akan bisa memilih jalan lumayan. Artinya semua rute, baik Blora – Kunduran – Todanan, maupun Blora – Ngawen – Japah – Todanan, saat ini kondisi jalannya memprihatinkan (rusak).

Untuk Jalur Kunduran (Gagaan) – Todanan, kondisi jalan cukup parah berada di Desa Kedungwaru, Kecamatan Kunduran. Banyak lubang besar dan disaat hujan menjadi kubangan air.

Menurut Bambang, warga Kedungwaru, rusaknya jalan di desanya belakangan ini diperparah dengan lalu lalangnya truk dengan muatan yang over tonase. “ Truk yang lewat kadangkala tonasenya cukup besar, sehingga memperparah kondisi jalan yang sudah berlubang,’’ jelasnya, Senin (21/03/2022).

Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama, MT, ketika dikonfirmasi menyatakan, untuk tahun 2022 ini telah dianggarkan untuk pembangunan ruas jalan Kunduran – Goa Terawang sebesar Rp 2,5 Miliar.

Baca Juga :  Edi Wuryanto Boyong 40 Petani Untuk Belajar bertanam Kelor

‘’Tahun in pembangunan ruas jalan Kunduran – Goa Terawang masuk anggaran. Besarannya Rp 2 Miliar, dan direncanakan dengan konstruksi rigid beton sepanjang 400 Meter,’’ jelasnya, Senin (21/03/2022).

Jelek

Sementara itu dari Blora  ke Todanan melalui jalur Ngawen – Japah – Todanan, kondisi jalannya juga memprihatinkan.  Belum ada informasi apakah di tahun 2022 ini ada anggaran untuk pembangunan jalan yang masuk jalan Provinsi itu.

Diketahui, di tahun 2022 ini, Pemkab Blora berkomitmen pembangunan infrastruktur menjadi prioritas, tanpa melupakan sektor lainnya. Dibanding tahun lalu, tahun ini  akan ada peningkatan anggaran pembangunan infrastruktur jalan hingga dua kali lipat lebih. Tepatnya di angka Rp 260 Miliar lebih.

Dikemukakan Bupati Blora, H. Arief Rohman Msi, tahun 2021 lalu anggaran infrastruktur jalan sekitar Rp 106 miliar. Di tahun 2022 ini mencapai sekitar Rp 268 miliar.

“Mayoritas jalan kabupaten di Blora yang rusak akan kita cor beton. Ini selaras dengan janji kampanye kita dulu tentang program dalan alus,” ungkap Bupati Arief.

Dikatakan, diluar dana itu masih ada dua kemungkinan tambahan pembangunan infrastruktur yang sedang diupayakan.

Baca Juga :  Ini Gebrakan Pemkab Blora Untuk Tangani Kemiskinan Ekstrem  di 51 Desa

Bupati minta doanya dari seluruh warga Blora,  semoga di perubahan anggaran 2022 nanti bantuan dari Pemkab Bojonegoro juga bisa masuk. Yakni sekitar Rp 40 Miliar untuk mendukung pembangunan jalan.

Selain itu, lanjutnya, perjuangan Blora untuk mendapatkan DBH Migas Blok Cepu akan menuai hasil di tahun 2023.  Blora optimis tahun depan akan dapat DBH Migas sekitar Rp 300 Miliar, dan dana itu dapat untuk menggenjot pembangunan infrastruktur Blora di tahun berikutnya. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.