Sejumlah Seniman Dari Berbagai Provinsi Ikuti Lomba Mural di Blora

oleh -624 Dilihat
oleh
KHAZANAH BLORA : Juara favorit yang menggambarkan khazanah Blora pilihan Bupati Blora, H. Arief Rohman Msi, pada lomba mural nasional yang digelar di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora.

” PARA seniman yang ikuti lomba mural di Desa Bangsri, Jepon, Blora, dengan tema desa wisata dan kebudayaan Kabupaten Blora, di media tembok dan rumah-ruma warga (50 titik) itu, diantaranya berasal dari  Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Bali, termasuk beberapa seniman dari lokal Blora. ”

BLORA, topdetiknews.com – Sejumlah seniman dari berbagai provinsi di Indonesia ikuti lomba Mural Tingkat Nasional di Kampung Pelangi Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora, yang digelar dari tanggal 10-12 Desember 2021.

Para seniman yang ikuti lomba mural dengan tema desa wisata dan kebudayaan Kabupaten Blora, dengan media tembok dan rumah-ruma warga (50 titik) itu, diantaranya berasal dari  Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Bali, termasuk beberapa seniman dari lokal Blora.

Menurut Kepala Desa Bangsri, Laga Kusuma, lomba mural tingkat nasional tersebut  sebagai langkah awal untuk mengaktifkan kembali Desa Pelangi yang sempat vakum selama pandemi covid-19. 

‘’Setelah vakum selama pandemi, di tahun 2022 ini kami mulai mengaktifkan kembali supaya nanti efek pemberdayaan masyarakat, juga untuk para pedagang bisa berjualan kembali,” terangnya.

Baca Juga :  Tusuk Sate Marjuanto Tembus Pasar Grobogan dan Rembang

Untuk tema mural, jelas Kades Laga, adalah desa wisata dan kebudayaan Kabupaten Blora. Medianya bervariasi, mulai di tembok, papan kayu juga ada di rumah-rumah warga. Tercatat hampir di  50 titik.

Bupati Blora, H. Arief Rohman Msi, menyambut kreativitas di Desa Bangsri tersebut. Dikatakan, dengan lomba mural tingkat nasional diharapkan  nantinya Kampung Pelangi bisa terkenal lagi. 

“Ini ide yang sangat luar biasa. Kampung Pelangi yang idenya dari Lurah Laga dulu pernah viral sebelum pandemi. Kita harap nanti setelah pandemi dengan adanya mural ini nanti bisa terkenal lagi,” papar Bupati.

Pada akhir lomba, terpilih 10 mural terbaik, juara 1, 2 dan 3, serta juara favorit pilihan Bupati. Salah satu mural yang memikat Bupati Arief adalah karya dari seniman bernama Remon, dengan karya muralnya  menceritakan kekayaan potensi Blora.

“Saya pilih ini karena memang mencantumkan khazanah kekayaan kesenian blora mulai dari barongan, wayang, suku samin Goa Terawang ini menggambarkan khazanah kekayaan Blora,” tambah Bupati.

Baca Juga :  Bupati Blora Terima Penghargaan dari BNN Jawa Tengah

Untuk juara 1 diraih oleh peserta dari  Death Line Art, juara 2 Nasir, juara 3 Ikhsan Trisnawan, dan Juara favorit Roman Batik Kulit. Disusul juara terbaik 10 besar. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan