Prediksi Tipis-tipis Penataan Pejabat Eselon II di Pemkab Blora Jilid 2

oleh -
Illustrasi || Istimewa

” APAKAH Rabu (29/9/2021) besok akan dilakukan penataan pejabat eselon II jilid dua ? Pertanyaannya, akankah ada kejutan? Baik itu soal lokasi pelantikan maupun formasi pejabat di masing-masing OPD ? Berikut prediksi tipis-tipis terkait hal tersebut. ”

BLORA, topdetiknews.com  –  Pasca pelantikan 5 pejabat eselon II  di lingkungan Pemkab Blora, Rabu (22/9/2021) lalu, akankah Rabu (29/9/2021) besok akan dilakukan penataan pejabat eselon II jilid lanjutan ? Pertanyaannya yang muncul, akankah ada kejutan jika memang akan ada lagi penataan ? Baik itu soal lokasi pelantikan maupun formasi pejabat di masing-masing OPD ?

Diketahui, sebanyak 5 pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Blora dilantik Bupati Blora, H.Arief Rohman Msi, di TPA sampah, Rabu (22/9/2021) lalu.

Para pejabat yang dilantik tersebut, masing-masing Heru Eko Wiyono sebagai kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Edi Widayat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), dan Catur Pambudi sebagai sekretaris dewan (sekwan). Kemudian Hendro Budi Gunawan dilantik menjadi kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), serta Irfan yang semula Sekretaris DPUK Blora menjadi Asisten 1 Setda Blora.

Jika saja Rabu besok akan ada penataan pejabat eselon II lanjutan, berkeliaran prediksi tipis-tipis soal formasi pejabat di Blora yang paling baru. Jelasnya, menyusul hasil asesmen yang melibatkan Mabes Polri bagian SDM sudah keluar, sebanyak 18 pejabat eselon 2 menjalani tes wawancara di Solo Sabtu  (25-26 September 2021) lalu.

Sebanyak 18 pejabat eselon 2 dimaksud, masing-masing Samgautama Karnajaya (Kepala DPUPR), Reni Miharti (Kepala Dinas Pertanian), Sugiyono (Kepala Dinkominfo), Purwanto (Kepala DPMPTSP), Henny Indriyanti (Asisten Administrasi Umum), Kunto Aji (Inspektur Daerah), Winoto (Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik).

Kemudian Slamet Pamudji (Kepala Dinporabudpar), Gundala Wijasena (Kepala Disnakikan), Suryanto (Asisten Ekonomi dan Pembangunan), Hendi Purnomo (Kepala Disdik), Pratikto Nugroho (Kepala Dinrumkimhub), Sarmidi (Kepala Dindagkop UKM), Achmad Nurhidayat (Kepala Dindalduk KB), Aunur Rofiq (Kepala DPK), Djoko Sulistiyono (Kepala Satpol PP), Indah Purwaningsih (Kepala Dinsos P3A), dan terakhir Hariyanto (Kepala Dinas PMD).

Baca Juga :  4 Hari Buron Kasus Bawa Lari HP, Coro Berhasil Dicokok Polisi

Berpijak pada statemen Bupati Arief, bahwa pasca hasil asesmen sudah keluar, satu per satu pejabat di Blora saat ini sudah dimonitor. Dan itu akan menjadi dasar agar lebih mudah untuk penempatan nantinya di jabatan yang akan dituju. Ada mungkin yang tetap, ada mungkin yang digeser, berikut prediksi tipis-tipisnya.

Nama Slamet Pamudji (Kepala Dinporabudpar), santer disebut akan menjadi Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Jika benar muncul pertanyaan, apakah Kepala Dinporabudpar akan diisi Plt ? Jika ya, siapa yang akan menjadi Plt ? Jika tidak, siapa pejabat definitifnya  ?

Jelasnya ada beberapa nama yang sedikit cocok dengan jabatan kepala Dinporabudpar, seperti Purwanto (Kepala DPMPTSP), dan  Pratikto Nugroho (Kepala Dinrumkimhub), Kunto Aji (Inspektur Daerah).

Kepala Diknas

Posisi Kepala  Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), santer disebut akan ditempati  Aunur Rofiq (Kepala DPK). Pertanyaannya, jika memang benar, siapa yang akan menggantikan posisi pejabat lama di Dinas Perpustakaan Kabupaten ?  

Ada beberapa nama memang yang mempunyai kans di Perpustakaan, diantaranya Gundala Wijasena (Kepala Disnakikan), Suryanto (Asisten Ekonomi dan Pembangunan), Hendi Purnomo (Kepala Disdik).

Siapa Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) ?  Posisi ini yang agak sulit untuk memprediksi tipis-tipis, karena pejabat yang ada, sementara mengenyampingkan hasil asesmen dan test wawancara, Samgautama Karnajaya (Kepala DPUPR), secara teknis cukup mumpuni di bidangnya.

Jika saja masih dipertahankan, di lingkungan DPUPR butuh sosok pejabat pelapis yang handal untuk urusan non teknis. Satu bahan pertimbangan nama  Samgautama Karnajaya, juga sangat pas jika menempati posisi Kepala Bappeda.

Baca Juga :  Antisipasi Penimbunan Pangan, Polisi di Blora Pantau Ketersediaan dan Harga Pangan

Purwanto (Kepala DPMPTSP), kabar santer kemungkinan besar digeser, pertimbangan yang muncul, dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) – dibutuhkan sosok nahkoda yang benar-benar mumpuni IT di DPMPTSP, kaya inovasi dan sejumlah persyaratan lainnya.

Di Dinas Pertanian, ada beberapa kemungkinan, pertama bisa jadi Reni Miharti yang saat ini Kepala definitif di dinas itu masih tetap, atau bisa jadi nama  Gundala Wijasena (Kepala Disnakikan) juga berpeluang.

Bagaimana dengan  Dinrumkimhub yang saat ini dinahkodai oleh Pratikto Nugroho ? Jika saja digeser, ada beberapa nama yang mempunyai kans menduduki, seperti  Sugiyono (Kepala Dinkominfo), Samgautama Karnajaya (Kepala DPUPR).

Inspektur Daerah yang saat ini dijabat Kunto Aji, kabar santer akan ada  pergantian. Tinggal siapa yang mempunyai kans untuk menempati. Ada beberapa nama yang secara kemampuan teknis mumpuni, seperti  Slamet Pamuji yang saat ini Kepala Dinporabudpar, Sugiyono (Kepala Dinkominfo).

Dindalduk KB yang saat ini dijabat Achmad Nurhidayat (Kepala Dindalduk KB) ? Kabar santer pejabat lama akan dipertahankan, demikian juga untuk jabatan  Kepala Satpol PP yang saat ini dijabt Djoko Sulistiyono diprediksi juga tetap.

Sebetulnya masih ada posisi jabatan yang ditunggu publik siapa yang akan menjabat, yakni jabatan dua Staf Ahli Bupati. Monggo ditunggu, jika memang Rabu (29/9/2021) besok akan ada pelantikan, semuanya akan jelas.

Jika memang pelantikan  tidak dilakukan  Rabu (29/9/2021) besuk, tentu masih menunggu jadwal selanjutnya. Satu hal yang perlu digarisbawahi, dalam menata pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Blora, Bupati Arief Rohman telah melakukan sesuai mekanisme yang ada. Mulai asesmen, Pansel, semua itu untuk menepis bahwa penataan pejabat tidak didasari suka maupun tidak suka. *)

Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.