Pengisian 1.033 Lowongan Perades di Blora Diminta Tidak Ada Celah Kecurangan

oleh -684 Dilihat
oleh
RAKOR PERADES : Bupati Blora, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. pimpin rakor pengisian perangkat desa, di ruang pertemuan Setda Blora, Selasa (19/10/2021).

” KAPOLRES Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K, menekankan Pengisian  1.033  lowongan Perangkat di Blora tidak ada celah kecurangan. Hal itu disampaikan saat rapat koordinasi (rakor) tentang rencana pengisian perangkat desa (perades)  yang akan dilakukan di akhir tahun 2021 ini,  Selasa (19/10/2021).”

BLORA, topdetiknews.com –  Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K, menekankan Pengisian  1.033  lowongan Perangkat di Blora tidak ada celah kecurangan. Hal itu disampaikan saat rapat koordinasi (rakor) tentang rencana pengisian perangkat desa (perades)  yang akan dilakukan di akhir tahun 2021 ini,  Selasa (19/10/2021).

Rakor yang digelar di ruang pertemuan Setda Kabupaten Blora itu dipimpin langsung Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, perwakilan Dandim dan Ketua Komisi A DPRD Blora.

Dikemukakan Kapolres, saat ini masih ada proses hukum terkait proses pengisian perades yang lalu. Untuk itu pihaknya berharap tahapan yang akan datang ini bisa tertib dan kondusif, serta transparan.

“Yang kami inginkan Blora tetap kondusif. Sedikit apapun celah kecurangan jangan sampai terjadi. Kami minta hal ini bisa menjadi perhatian Pemkab Blora bersama Dinas terkait, sehingga masing-masing Kades bisa patuh dalam seluruh tahapan,” pinta Kapolres Wiraga.

Diketahui peserta rakor diantaranya Sekda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), para Camat, Ketua Praja, dan perwakilan Kepala Desa se Kabupaten Blora.

Baca Juga :  Mobil Operasional Kecamatan Tidak Boleh Dibawa Pulang

Sementara itu, Kepala Kejari Blora, Yohanes Avilla Agus Awanto, SH, menyatakan kesiapannya untuk mengawal tahapan pengisian perades ini. Disarankan sebaiknya seleksi ujiannya dilakukan menggunakan sistem CAT.

‘’Saya ingat ketika Bapak Bupati kunjungan di UNY dan UPN Yogyakarta, mereka siap membantu karena punya pengalaman mengawal seleksi ujian beberapa Pemkab. Monggo bisa dibahas bersama, agar seleksinya nanti lancar dan transparan,” ungkap Kajari, yang juga memberikan nomor Hp nya untuk dicatat seluruh Kades guna bimbingan hukum.

Gagasan CAT

Dalam Rakor juga muncul gagasan agar seleksi ujian penjaringan pengisian perades dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) layaknya ujian CASN  dengan menggandeng PTN atau PTS yang berkompeten atau terakreditasi A.

Menurut Bupati Arief, memang beda jika seleksi perades dilakukan dengan sistem CAT, semuanya bisa langsung dilihat hasil nilainya secara transparan. ‘’Maka kita akan mendukung langkah ini, seperti tes CASN yang bulan lalu kita kerjasamakan dengan UNS Solo,” paparnya.

Ditandaskan,  untuk melaksanakan dengan sistem CAT itu akan diatur prosesnya dalam juklak juknis. Sehingga semuanya sama. Termasuk kemungkinan kerjasama dengan perguruan tinggi yang kredibel untuk seleksi CAT.

Bupati juga meminta Kepala Dinas PMD bersama para Camat dalam waktu dekat segera memfinalkan jumlah formasi pengisian perades yang akan dilakukan.

“Dalam dua hari kedepan kami minta data pengisian perades bisa ditetapkan untuk selanjutnya membahas tahapan pelaksanaannya. Mengingat keterbatasan kemampuan anggaran APBD untuk anggaran penghasilan tetap (siltap) peradesnya, maka akan kita bagi menjadi dua tahap. Tahap pertama tolong diprioritaskan perades yang betul-betul mempunyai fungsi vital. Baru sisanya di tahap kedua,” tegas Bupati Arief Rohman.

Baca Juga :  Keluar Masuk Lorong Kapolres dan Dandim Blora Bagikan Sembako

Diketahui, seperti dijelaskan Kepala Dinas PMD Blora, Hariyanto, S.IP., M.Si., jumlah perades di Kabupaten Blora sebanyak 2.775, dan baru terisi 1.742. Sehingga yang masih kosong sebanyak 1.033 posisi. Ini yang akan kita ajukan pengisiannya.

‘’Terkait anggaran Siltap-nya menjadi kendala karena kemampuan APBD Kabupaten sedang difokuskan untuk infrastruktur. Sehingga sesuai arahan Pak Bupati untuk digelar menjadi 2 tahapan, diprioritaskan perades yang vital. Mohon doanya semoga seluruh tahapan berjalan lancar,” kata Hariyanto, S.IP. M.Si. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.