Pemkab Blora Mulai Luncurkan BST Kemensos RI

oleh -3030 Dilihat
oleh
SERAHKAN SIMBOLIS : Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, secara simbolis serahkan BST kepada salah satu KPM terdampak Covid -19.

” PEMKAB Blora mulai luncurkan BST Kemensos RI. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, secara simbolis menyerahkan BST tersebut, Jumat (08/05/2020. ”.

BLORA, topdetiknews.com – Pemkab Blora mulai salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19. Perdana, penyaluran BST tersebut dilaksanakan di kantor PT. Pos Indonesia Kecamatan Jepon, Jumat (8/5/2020).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, secara simbolis menyerahkan BST tersebut.

”Bantuan Sosial Tunai ini merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir dampak dari Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” terang Drs Indah.

Menurutnya, saat ini banyak warga yang terdampak akibat Covid-19. Diantaranya kehilangan pekerjaan sehingga penghasilan pun berkurang. Untuk itu, BST dari Kemensos ini lebih ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah menerima bantuan dari Kemensos.

Baca Juga :  Wabup Arief "Promotori" Kesembuhan Vea

”Jadi BST ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan kebutuhan pokok bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terkena dampak Covid-19. ” Yang diberi adalah masyarakat yang tidak menerima bantuan sosial PKH dan program sembako. Jadi penerima bantuan ini bagi masyarakat yang belum tersentuh oleh bantuan.

Uang Tunai

BST ini disalurkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia dengan mekanisme dor to dor (dari rumah ke rumah). Berupa uang tunai sebesar Rp 600.000,00 yang diberikan kepada setiap KPM setiap bulan sekali selama tiga bulan terhitung sejak April hingga Juni 2020.

”Kepada PT Pos Indonesia sebagai mitra kerja Kemensos, saya sampaikan terimakasih. Kepada Pak Pos, matur nuwun apresiasi tertinggi saya haturkan,” tambah Dra. Indah.

Terpisah Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Blora, Ivan Sutrisno mengemukakan, pembayaran BST dilakukan dengan tiga cara. Yakni dibayarkan melalui loket kantor Pos, melalui komunitas dan melalui antaran.

Baca Juga :  Pasien Covid Lari Dari Klinik Belum Ditemukan

Untuk Kabupaten Blora, sampai dengan data yang diterima per Jumat (8/5/2020) sebanyak 6.070 penerima. Sedangkan di kecamatan Jepon 436 orang penerima. Untuk kelurahan, Kelurahan Jepon yang terbanyak, yakni 65 orang penerima. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.