Pemberian Vitamin A Kepada 50 Lebih Balita di Kelurahan Kauman (Blora)

oleh -21 views
IKUT TAMPIL : Kepala Kelurahan (Kalur) Kauman, Marthin Ukie Andhana SE, M.Si. , ikut tampil memberikan vitamin A kepada salah seorang Balita di wilayahnya, Kamis (13/08/2020). || Foto: topdetiknews.com/Muji

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

” 50 Balita di Kelurahan Kauman, Blora Kota, diberi Vitamin A di Posyandu Aster, rumah Ny. Wilis, di RW 2 kelurahan setempat. Dalam kesempatan itu, Kepala Kelurahan (Kalur) Kauman, Marthin Ukie Andhana SE, M.Si. ikut memberikan Vitamin ke salah seorang balita, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat….”

BLORA, topdetiknews.com – Sebanyak 50 Balita di Kelurahan Kauman, Blora Kota, diberi Vitamin A di Posyandu Aster, rumah Ny. Wilis, di RW 2 kelurahan setempat. Dalam kesempatan itu, Kepala Kelurahan (Kalur) Kauman, Marthin Ukie Andhana SE, M.Si. ikut memberikan Vitamin ke salah seorang balita, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

”Terpenting saya mengingatkan, dalam semua kegiatan, termasuk pemberian Vitamin A kepada Balita, tetap patuhi protokol kesehatan. Memakai masker, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, dan hand sanitizer,” ungkap Kalur Marthin Ukie Andhana SE, M.Si.

Menurut bidan Kelurahan Kauman, Utami, bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Dikatakan, Vitamin A penting, yakni merupakan zat gizi penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi anak-anak membutuhkannya untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Sumber Vitamin A berasal dari makanan dan suplemen.

Makanan yang kaya akan vitamin A termasuk Air Susu Ibu (ASI) dan pangan hewani seperti daging merah, ikan, dan produk susu. Vitamin A juga terdapat pada sayuran berwarna hijau misalnya sayur bayam, serta buah-buahan berwarna merah dan oranye seperti mangga, ubi jalar, dan wortel. Anak yang tidak mendapat asupan makanan yang cukup perlu diberi suplementasi vitamin A untuk mencegah Kurang Vitamin A (KVA). *)

Baca Juga :  Tambah 3 Lagi, Kasus Covid di Blora Capai 51 Orang