Pasca Banjir, Dompet Dhuafa dan Tokopedia Gelar Kegiatan Bersih Itu Sehat

oleh -4 views
Jakarta
Foto: SM Network/Istimewa

JAKARTA, topdetiknews.com — Pasca bencana banjir melanda segenap kota di Jabodetabek di awal tahun. Meninggalkan dampak yang besar. Salah satunya ialah dengan meninggalkan sampah dan lumpur. Dalam Menciptakan Suasana yang sehat, Dompet Dhuafa bersama Tokopedia menggelar kegiatan Bersih Itu Sehat (BIS) di RT007/RW010, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, pada Minggu (5/1) lalu.

Kegiatan dibuka dengan mengoperasikan Dapur Keliling (Darling) terlebih dahulu. Untuk memberikan stamina bagi para relawan dan warga yang turut membantu kegiatan bersih-bersih. “Program volunteer kita itu namanya Nakamate. Nah, harapannya jadi kita tidak hanya memberikan donasi saja. Kita ingin merasakan langsung pengalaman berbagi lewat kegiatan tersebut,” jelas Fardan, selaku CSR Tokopedia.

Meski di beberapa titik banjir sudah surut, namun lumpur dan sampah sisa-sisa banjir masih menjadi kendala warga untuk beraktivitas. Khususnya sarana umum seperti sekolah, tempat ibadah dan puskesmas. Para Relawan yang ikut kegiatan bersih-bersih, membutuhkan waktu tiga jam untuk membersihkan Pos RW yang juga berperan sebagai ruang serba serta ruang PAUD yang terletak di belakangnya juga menjadi sasaran.

Kegiatan ditutup dengan pemberian donasi hygiene kit kepada 140 penerima manfaat di lokasi yang sama. Semua tampak bahagia menerima paket tersebut. “Kemarin ketinggian banjir mencapai 160 cm. Makanya banyak sampah di mana-mana. Adanya bantuan dari para relawan, turut meringankan beban kami di sini,” tutup Widodo, selaku Ketua RT setempat.

Banjir surut mengakibatkan endapan lumpur dan sampah yang merata setiap sudut rumah. Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) melakukan aksi bersih-bersih untuk membersihkan serta membenahi fasilitas publik dan lingkungan rumah.

Aksi penanganan banjir yang dilakukan tim DMC Dompet Dhuafa di lapangan adalah evakuasi warga yang rumahnya terdampak banjir, pendirian dapur umum, aksi layanan sehat, dan trauma healing berupa aktivitas sekolah ceria untuk anak-anak pengungsi.

Baca Juga :  Update Covid di Jateng : Pasien Sembuh 2 Kali Lebih Banyak Dibanding Meninggal

Sumber: SM Network