P3-TGAI Bisa Bangkitkan Sektor Pertanian

oleh -
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora Samgautama Karnajaya

BLORA, Topdetiknews.com – Tahun 2021 ini, Kabupaten Blora mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di 23 lokasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora Samgautama Karnajaya mengatakan, P3-TGAI ini merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

“Di Blora sebanyak 23 desa yang medapatkan P3-TGAI dari Kementerian PU PR. Alhamdulillah, sebanyak 23 desa diantaranya berada di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Blora,” terang Samgautama saat ditemui media ini di kantornya, Rabu (24/03/2021).

Samgautama menjelaskan, ke 24 desa tersebut diantaranya, di Kecamatan Blora sebanyak 11 desa, Kecamatan Jepon sebanyak 8 desa, Kecamatan Bogorejo sebanyak 2 desa serta Kecamatan Kunduran dan Kecamatan Todanan masing-masing 1 desa.

“Pengerjaan irigasi ini, dilaksanakan oleh P3A, yang ada di daerah irigasi secara swakelola, dengan anggaran sebesar Rp.195 juta untuk masing-masing titik,” tambahnya.

Samgautama berharap, dengan ditingkatkanya saluran irigasi tersier yang ada dilahan pertanian masyarakat, semoga dapat memudahkan masyarakat dalam pengolahan lahan pertanian dan meningkatkan hasil panen.

Perlu diketahui, P3-TGAI ini dalam rangka mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ketujuh.

Baca Juga :  Kasubag Humas Polres Blora Dijabat Iptu Budi Yuwono

Pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi tersier/kecil secara pastisipatif di wilayah pedesaan telah dilakukakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana tahun anggaran 2021 di beberapa daerah, salah satunya adalah Kabupateen Blora.*