Minyak Mentah Milik Pertamina di Sambong Bocor, Cemari 2 Ha Sawah Warga

oleh -71 views
CEK LAPANGAN : Pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora cek lokasi bocornya minyak mentah milik Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, di Desa Sambong, Kecamatan Sambong Blora, Rabu (14/4/2021).
judul gambar
  • DLH Blora Turun ke Lokasi

” MINYAK mentah milik  Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bocor di titik Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Blora. Tepatnya di depan SMPN 1 Sambong. Akibatnya, sekitar 2 Ha lahan pertanian milik warga setempat…”

BLORA, topdetiknewscom  –  Diduga akibat korosi pipa, minyak mentah milik  Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bocor di titik Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Blora. Tepatnya di depan SMPN 1 Sambong. Akibatnya, sekitar 2 Ha lahan pertanian milik warga setempat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, cek ke lokasi luberan minyak mentah yang terjadi Senin  (12/4/2021). Dalam pengecekan yang dipimpin oleh Plt Kepala DLH Blora, Drs. Sugiyono MSI itu, diperoleh fakta, diperkirakan minyak mentah yang tumpah dari jalur Stasiun Pengumpul Utama (SPU) Nglobo ke MGS Menggung, Cepu.

Untuk minyak yang meluber ke warga diperkirakan mencapai 5 barel, dan untuk areal lahan pertanian milik warga tercemar mencapai sekitar 2 Ha. ‘’Saat ini kebocoran sudah tertangani, hanya saja yang perlu diperhatikan dampak dari sawah warga yang tercemar itu,’’ jelas Drs Sugiyono.

DLH berharap, penanganan bocornya minyak mentah milik Pertamina Cepu itu bisa segera, selesai. Harapannya supaya tidak muncul dampak atau ekses lainnya di masyarakat. Ke depan juga diharapkan Pertamina memperhatikan perawatan pipa yang digunakan untuk penyaluran minyak mentah itu, sehingga kejadian serupa tidak ada lagi.  

Sementara itu, rilis dari pihak Legal and Relation (RL) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Ardhian, menyebutkan, saat ini Tim Pertamina EP Asset 4 Field Cepu tengah menangani luberan minyak mentah di areal persawahan Desa Sambong, Kecamatan Sambong itu. 

“Semua telah tertangani dengan baik, dari sisi perbaikan alat pipa, pembersihan dan koordinasi dengan warga.” Ujar Ardhian selaku perwakilan fungsi Legal & Relation 

Dikatakan, kondisi aktual di lapangan sudah teratasi dengan perbaikan di titik kebocoran pipa dan pembersihan area sekitar pada kesempatan pertama. Untuk area persawahan yang terdampak,  Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mengupayakan agar segera dilakukan penanganan.

Baca Juga :  Blora Tambah 10 Kasus Baru Covid-19

Survey awal telah dilaksanakan untuk memastikan luas area terdampak dan telah berkoordinasi dengan pihak terkait. Selain itu, Pertamina EP Asset 4 Field Cepu telah berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat dan masyarakat terkait dengan adanya kebocoran pipa. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto