Lapangan Kidul Jepon Nasibmu Kini

oleh -39 views
Santoso Budi Susetyo, SSos

STADION Kridaloka,Jepon, Blora, adalah aset berharga yang sejatinya bisa dikelola secara profesional untuk menambah pendapatan daerah juga bisa berdampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar

SEKIRA tiga tahun yang lalu pemerintah kabupaten Blora berencana menjadikan lapangan sepak bola Kridaloka Jepon sebagai stadion utama menggantikan stadion Kridosono yang sekarang temboknya sudah tidak ada lagi.

Belakangan rencana tersebut urung pelaksanaannya dengan alasan akses jalan di sekitar stadion tidak memenuhi syarat untuk sebuah stadion utama. Konon akses jalan pada semua sisi luar stadion wajib adanya.

Kala itu banyak kalangan menganggap rencana tersebut sudah final apalagi Bupati bersama OPD didampingi pejabat struktural dibawahnya sampai dengan kepala kelurahan Jepon sudah pernah turun dan survey lapangan untuk menyiapkan pelebaran jalan dari perempatan pasar Jepon menuju stadion .

Keberadaan stadion Kridaloka sebenarnya sudah lama . Dulu orang menyebutnya Lapangan Kidul karena memang lokasinya berada di sebelah selatan wilayah kelurahan Jepon berbatasan dengan wilayah Desa Turirejo. Penamaan Kridaloka bebarengan dengan dibangunnya tembok yang mengelilingi lapangan serta panggung pada sisi selatan.

Selain untuk pertandingan sepak bola dan lomba – lomba yang lain, banyak event dan kegiatan diadakan di stadion ini dari upacara tujuh belasan, kegiatan kampanye sampai dengan acara live musik.

Dimanfaatkan

Dengan kondisi yang terkesan kurang terawat stadion ini masih sering dimanfaatkan warga Jepon dan sekitarnya. Setiap pagi dan sore banyak orang yang datang untuk berolah raga. Bahkan ada Club atletik yang secara rutin latihan di sana.

Dari sisi kemanfaatan dan lokasi yang strategis sebenarnya stadion ini cukup layak dijadikan stadion utama di kabupaten Blora apalagi saat ini masyarakat terutama pecinta sepak berharap pemkab segera membangun stadion pengganti stadion Kridosono Blora.

Baca Juga :  PSIS Rekrut Alfeandra Dewangga

Jika merealisasikan menjadi stadion utama masih banyak kendala dan butuh persiapan lainnya, tidak ada ruginya pemkab mengelola dengan serius. Selain perawatan dan perbaikan, penambahan fasilitas juga diperlukan misalnya track untuk lari dan jogging. Pengadaan kamar kecil juga tidak kalah penting supaya lebih terjaga kebersihan sekitar lapangan.

Stadion Kridaloka adalah aset berharga yang sejatinya bisa dikelola secara profesional untuk menambah pendapatan daerah juga bisa berdampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar.

Semoga pemkab Blora dalam perencanaan pembangunan responsif dan memprioritaskan kegiatan yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. InsyaAllah saya siap memperjuangkan. (Santoso Budi Susetyo, SSos/C24-red)