Lagi-lagi Limbah Cemari Bengawan Solo di Cepu

oleh -
BERWARNA HITAM : Sungai Bengawan Solo di Cepu kembali tercemar Rabu (15/9/2021). Tampak airnya berwarna hitam dan berbuih.

” MENYEDIHKAN……..Sungai Bengawan Solo di Cepu diwarnai limbah, Rabu (15/9/2021). Diduga limbah datang pada Selasa (14/9/2021) malam, dan berimbas hingga Rabu siang air di sungai itu masih tampak kehitaman. ”

BLORA, topdetiknews.com –  Lagi-lagi Sungai Bengawan Solo di Cepu diwarnai limbah, Rabu (15/9/2021). Diduga limbah datang pada Selasa (14/9/2021) malam, dan berimbas hingga Rabu siang air di sungai itu masih tampak kehitaman.

Ivan (37), salah seorang warga Cepu mengatakan, saat dirinya akan menyalurkan hobi mancing di Bengawan Solo, air sungai itu, tepatnya di seputaran Kampung Semangat (Cepu)  tampak dipenuhi limbah.

‘’Air Nggawan (Bengawan Solo –red) tercemar lagi, kok belum ada tindakan ya soal siapa yang membuang limbah dan mengakibatkan pencemaran,’’ papar Ivan  Rabu (15/9/2021).

Camat Cepu, Luluk Kusuma ketika dikonfirmasi membenarkan adanya limbah di Sungai Bengawan Solo di Cepu itu. ‘’Ya, kelihatannya limbah datang pada Selasa malam,’’ ungkapnya.

Sementara itu terpisah, Direktur PDAM Blora,  Yan Riya Pramono ketika dikonfirmasi menyatakan, jika limbah di Bengawan Solo sudah sampai di Kampung Semangat, berarti sudah melewati instalasi PDAM. ‘’Terimakasih infonya, kalau limbah yang tampak di Kampung Semangat, berarti sudah melewati instalasi PDAM,’’ jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk kali ke dua, Sungai Bengawan Solo di Cepu kembali tercemar Minggu (12/9/2021) malam. Kejadian serupa sempat terjadi Jumat (10/9). Akibatnya, PDAM untuk ke dua kali pula kembali off produksi sehingga membuat aliran air ke 12.000 pelanggan di 5 Kecamatan di Blora macet total.

Baca Juga :  Usai Hajat Mantenan, 90 Warga Desa Balongsari, Banjarejo Jalani Swab

Atas kejadian itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si cek langsung Bengawan Solo  di Desa Medalem, Kecamatan Kradenan juga  ke instalasi pengolahan air PDAM di Balun, Cepu. Tidak hanya itu,  Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si juga melapor pencemaran itu ke Bareskrim. “Saya sudah ke lapangan, dan koordinasi dengan Pak Gubernur dan juga Mabes Polri dalam hal ini Bareskrim,” tandasnya. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.