Kombinasikan Usulan Legislatif Dan Eksekutif Melalui Musrenbang Kabupaten Blora Tahun 2021

oleh -10 views
Foto:Istimewa

BLORA, topdetiknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD), memliki peran penting dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berfungsi bagi penyelenggaraan pembangunan. Rabu (8/4/2020) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Blora tahun 2021 dan yang kali ini pelaksaannya lain dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan menggunakan metode teleconference.

Metode ini dipilih karena situasi terkini akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19) belum memungkinkan mengumpulkan banyak orang dalam satu kegiatan, sehingga tetap harus menerapkan social distancing atau pembatasan sosial, jaga jarak, rapat jarak jauh.

Acara yang dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, dengan dihadiri unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Blora, sedangkan bertempat di Pendopo DPRD Kabupaten Blora tampak Anggota DPRD juga mengikuti jalannya acara melalui teleconference live streaming, tentunya sesuai SOP pelaksaan Rapat Ketika Pandemi Wabah Corona. SOP dimaksud meliputi, adanya petugas yang menangani pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan fasilitas cuci tangan dan atau hand sanitizer.

Ketua DPRD Kabupaten Blora, Dasum dalam sambutannya mengatakan sebagai wakil rakyat, dewan memiliki peran penting dalam perencanaan pembangunan sesuai fungsinya, sebagai legislasi, penganggaran atau budgeting dan Pengawasan.

“ Musrenbang merupakan unsur penting dari penyelenggaraan pemerintah. Keberhasilan program pembangunan, tergantung pada perencanaan yang dibuat,” ucap Dasum.

Baca Juga :  Ujung Tombok Pendidikan ?