King Air Landing di Bandara Ngloram, Mimpi Rakyat Blora Terwujud

oleh -5 views
Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman bersama sejumlah pejabat dari Kemenhub dan Frokopimpda Blora berpose di depan pesawat King Air 200GT yang melakukan pendaratan perdana di Bandara Ngloram, Cepu, Sabtu (11/1/2020)

BLORA – Setelah sempat tertunda beberapa jam, Pesawat King Air 200GT, akhirnya mulus landing di Bandara Ngloram, Cepu Blora Sabtu (11/01/2020) sekitar pukul 16.35 WIB. Spontan raut gembira menyeruak dari wajah Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman dan sejumlah pejabat Blora yang berada di lokasi.

”Kita ucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi, Menteri Perhubungan, Ir.Budi Karya Sumadi, Gubernur Ganjar Pranowo yang sudah merealisasi mimpi rakyat Blora yang sudah puluhan tahun ingin melihat pesawat udara kembali mendarat di Bandara Ngloram, Cepu akhirnya terwujud,” beber Wakil Bupati Arief. Dida berharap, semoga dengan diaktifkannya Bandara yang dibangun sejak tahun 1980 serta beroperasi hingga tahun 1984 itu bermanfaat dan bisa membawa kemajuan Blora Blora di sektor ekonomi, pariwisata, jasa dan banyak hal.

Hanya saja sejumah rencana dari Wabup Arief untuk promosi wisata kuliner Blora di momen tersebut tidak terlaksana. Hal itu lantaran uji coba pendaratan perdana pesawat tersebut mundur hingga sekitar tiga jam lebih. Sesuai jadwal pesawat akan mendarat pukul 13.00 WIB, namun baru sekitar pukul 16.23 WIB pesawat baru mendarat. Hal itu disebabkan jadwal yang semula ke Blora dialihkan ke wilayah Karimun Jawa terlebih dahulu.

Menurut Arief, ada sejumlah rencana yang telah disiapkan terpaksa tidak bisa terlaksana. Yakni, setelah pesawat yang membawa Dirjen Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti dan Direktur Bandar Udara, Ir. M. Pramintohadi Sukarno, M.Sc mendarat, dilanjutkan meninjau lokasi yang akan dibangun terminal bandara, akan diajak ke Stasiun Kapuan yang akan diusulkan menjadi intermpoda transportasi. Setelah itu rombongan akan diajak untuk mencicipi kuliner khas Blora, yakni lontong opor Ngloram.

Sesuai Rencana

Baca Juga :  Menanti si GaMa Singgah dan Berkembang di Blora

Meski sempat molor uji, coba runway Bandara Ngloram yang berjarak sekitar 3,2 Kilometer itu akhirnya sesuai. Sejumlah insan media yang sudah menunggu sejak pukul 13.00, sempat meninggalkan lokasi bandara, akhirnya bisa melakukan peliputan pendaratan perdana pesawat King Air 200GT.

Puluhan Petugas gabungan, Polres Blora, Kodim 0721/Blora, Satpol PP, dan Dinrumkimhub melakukan pengamanan, pasalnya lokasi Bandara Ngloram ramai dipadati masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan Pendaratan perdana pesawat terbang di Bandara tersebut.

”Anggota telah kami siagakan untuk melakukan pengamanan, baik di lokasi bandara, maupun di jalur menuju Bandara,” tandas Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang,S.I.K.,MH.

Sekitar pukul 17.15 WIB rombongan pejabat Kemenhub meninggalkan Blora menuju Semarang. ”Alhamdulilah kegiatan berjalan aman dan lancar, warga sangat antusias sekali menyaksikan,” tambah Kapolres Anang. (Urip Daryanto/A20/Red)