Kemenag Siapkan 3 Skenario Untuk Pemberangkatan Haji Blora

oleh -247 views
Drs. Dwiyanto

” PIHAK Kemenag Blora siapkan tiga skenario untuk pemberangkatan 608 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora. Namun demikian tetap berharap semua calon haji Blora kuota tahun 2021, sehingga daftar tunggu calon haji tidak semakin panjang…”

BLORA, topdetiknewscom –  Kemenag Blora siapkan tiga skenario untuk pemberangkatan 608 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora. Namun demikian tetap berharap semua calon haji Blora kuota tahun 2021, sehingga daftar tunggu calon haji tidak semakin panjang.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Blora, H. Dwiyanto, ketika dikonfirmasi Kamis (22/4/2021), menjelaskan, hingga saat ini masih belum ada kepastian apakah semua calon jamaah haji Blora kuota tahun ini bisa berangkat semua atau tidak.

‘’Masih belum ada kabar pasti dari pemerintah pusat, apakah jamaah haji Blora tahun ini bisa berangkat atau tidak. Dan kami masih menunggu kabar tersebut,’’ papar Dwiyanto.

Adanya kemungkinan tidak semua JCH Blora bisa berangkat ke Mekah ? Menurut Dwiyanto, pihaknya telah mempersiapkan tiga skenario. Yakni, mempersiapkan jika ternyata hanya 20 persen CHJ yang bisa berangkat, atau 40 persen maupun 60 persen.

‘’Kita sudah mempersiapkan tiga skenario itu. Jika nanti diputuskan hanya 20 persen yang bisa berangkat, kami sudah mempersiapkan itu. Termasuk bila 40 persen maupun 60 persen dari kuota yang ada. Tentu nanti sesuai nomor urut porsi haji,’’ jelas  Kasi Umroh dan Haji Kemenag Blora.

Diketahui, segala urusan administrasi, termasuk Paspor sudah beres, namun demikian nasib 608 Jamaah Calon Haji (JCH) Blora  tahun 2021 belum ada kepastian. Artinya, apakah bisa berangkat atau tidak di tahun ini.Hal itu disebabkan hingga saat  ini belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi.

Dikatakan  Dwiyanto, semula jumlah jamaah calon haji Blora tahun 2021 ada  617 orang. Hanya saja dalam perjalanan berubah tinggal 608. Untuk yang 9 orang, sebagian ada yang meninggal dunia, sebagian lagi ada yang mutasi ke kabupaten lain.

Di tahun 2020, berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H / 2020M, 625 calon jamaah haji (CJH) Blora kuota tahun 2020 gagal berangkat ke tanah suci.

Terlepas adanya pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020, sebenarnya pihak Kemenag Blora telah menyelesaikan semua urusan persiapan pemberangkatan jamaah haji Blora tahun itu. Mulai urusan Paspor, pemeriksaan kesehatan, imunisasi Meiningitis dan persiapan administrasi lainnya, sebenarnya sudah selesai.

Hingga saat ini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bora masih menunggu keputusan dan informasi dari pemerintah pusat dan maupun dari pemerintah kerajaan Arab Saudi tentang kepastian pemberangkatan calon jemaah haji 2021. Sambil menunggu keputusan itu, Kemenag Blora tetap melayani pendaftaran calon haji untuk daftar tunggu di tahun 2045 ke depan. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.