Kemenag Blora Tetap Layani Rekomendasi Untuk Paspor Umroh

oleh -
Drs. H. Dwiyanto

>> Terkait larangan Umroh Sementara dari Pemerintah Arab Saudi

BLORA, topdetiknews.com – Meski pemerintah Arab Saudi keluarkan larangan umrah sementara karena virus Corona, Kemenag Blora, Jawa Tengah, hingga saat ini masih layani permohonan rekomendasi penerbitan paspor calon jamaah umrah.

Menurut Kasi Haji dan Umrah, Kemenag Blora, H.Dwiyanto, SAg, menjelaskan, nahwa layanan permohonan penerbitan rekomendasi paspor bagi calon jemaah umrah tetap dilayani seperti biasa.

”Tetap kita layani seperti biasa, karena belum ada ketentuan atau arahan dari Dirjen PHU Kemenag RI untuk menunda proses penerbitan rekomendasi umrah,” jelas Dwiyanto, Senin (2/3/2020).

Meskipun, lanjut Dwiyanto, di pemberitaan disampaikan bahwa ada kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda sementara bagi jemaah umrah yang akan ke tanah suci. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi wabah Virus Corona.

Dijelaskan, mulai dari tahun 2017 hingga 2020, jumlah warga yang mengajukan rekomendasi penerbitan paspor umroh melalui Kemenag Blora mencapai 2.326 orang.

Rinciannya, bulan Maret hingga Desember 2017 sebanyak 937 orang. Bulan Januari hingga Desember 2018 sebanyak 537 orang. Bulan Januari hingga Desember 2019 sebanyak 632 orang. Bulan Januari hingga Februari 2020 sebanyak 220 orang. *)

Baca Juga :  Desa Geneng Menjadi Desa terakhir Binaan Bawaslu