Inovasi Anak Bangsa Di Tengah Wabah Covid -19

oleh -6429 Dilihat
oleh
  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Dengan menggandeng Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan Disinfection Chamber (bilik sterilisasi), Portable Isolation Room (Ruang Isolasi Portabel), Portable Hospital (PORTAHOS), Robot Pelayanan Pasien dan Robot Ventilator.

Disinfection Chamber tersebut berbeda dengan yang lain, yakni alat ini bekerja dengan menggunakan ozon (O3). Metode ini lebih aman jika dibandingkan dengan metode penyemprotan cairan kimia disinfektan. Peralatan ini prinsipnya hanya mengubah oksigen yang terdapat di udara menjadi ozon.

Untuk ruang isolasi portable, mempunyai kriteria murah, cepat, mudah dimana tentu mengikuti persyaratan teknis ruang isolasi. Ruang isolasi ini akan dikembangkan dalam aspek teknis interior, eksterior, dan aspek teknik prasarana (Anteroom, Pencahayaan, AC, dan Exhaust fan, dan High-efficiency particulate air/HEPA filter).

Baca Juga :  Bawaslu: Jangan Manfaatkan Wabah Covid-19 untuk Kampanye Terselubung

Anteroom disini dirancang untuk memberikan “air-lock” antara pasien menular dan pasien tidak menular atau pasien umum dan tenaga medis lain yang bertugas.

HEPA filter diperlukan di ruang isolasi untuk pemurnian udara. Tujuannya agar virus, bakteri, dan partikel buruk di udara lainnya tidak cepat menyebar dan berkembang biak.

Rumah Sakit Portable (PORTAHOS) – bentuknya seperti tenda, dimana desainya terispirasi dari seni melipat kertas yang memiliki fleksibilitas, dan kekokohan yang tercipta akibat lekukan-lekukan yang saling bertemu dan mendukung.

Desain PORTAHOS ini dirancang untuk mengantisipasi jika jumlah pasien yang terkena virus Covid-19 melebihi kapasitas rumah sakit setempat.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.