Ini Langkah Dinkes Terkait 16 Pasien Covid -19 Yang Dijemput Keluarganya Dari Klinik Padma

oleh -1511 Dilihat
oleh
Lilik Hernanto dan AKP Soeparlan,SH
  • Polres Terjunkan Bhabinkamtibmas Untuk Awasi Isolasi Mandiri

BLORA, topdetiknews.com – Pihak Dinkes Blora bisa menyadari adanya pihak keluarga yang jemput 16 pasien Covid-19 dari Klinik Bakti Padma untuk dibawa pulang dan jalani isolasi mandiri. Ada sejumlah langkah yang akan diambil oleh Dinkes Blora pasca kejadian itu.

Kepala Dinkes Blora, Lilik Hernanto SKM Mkes menyatakan, bahwa alasan ingin karena sudah lama dirawat tidak sembuh -sembuh. Mereka tidak sabar dan bosan.

Menurut Lilik, hal itu adalah wajar dan pihaknya memaklumi dengan catatan , tidak ada paksaan. Terlebih kini ada konsekuensi besar yang harus ditanggung oleh pihak keluarga dan lingkungan desanya.

Diketahui, sebanyak 16 pasien positif Covid -19 yang tengah menjalani isolasi di Klinik Bakti Padma, Selasa (16/06/2020) dijemput oleh keluarganya. Mereka dibawa pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Menurut Lilik, ke -16 pasien itu semuanya dari klaster Temboro yang berasal dari beberapa wilayah kecamatan. Diantaranya Jati, Kradenan, Ngawen, Kunduran, Todanan

Baca Juga :  Mana Pelayanan Prima ?

Berbagai Langkah

Dengan adanya kejadian itu pihak Dinkes Blora juga telah melakukan berbagai langkah. Langkah yang sudah dilakukan adalah membekali para pasien yang akan menjalani isolasi mandiri di rumah itu dengan obat-obatan dan vitamin

Selanjutnya ke depan, menugaskan petugas Puskesmas di masing-masing pasien Covid itu tinggal, untuk mengambil swab dan jawdalnya menyesuaikan, yakni dua minggu dari pengambilan swab yang terakhir.

Selain itu, Dinkes minta agar pihak keluarga harus disiplin mengawasi isolasi mandiri itu. Tidak hanya itu, masyarakat dan Kepala Desa setempat juga harus ikut mengawasi.

”Intinya kami tidak melepas begitu saja. Dinkes sudah koordinasi dengan Puskesmas di Kecamatan masing -masing, untuk selalu memantau isolasi mandiri yang dilakukan keluarga pasien,” papar Lilik Hernanto.

Selaku Kepala Dinas Kesehatan, Lilik mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian setempat yang melakukan pengamanan saat kejadian berlangsung, sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan,S.I.K melalui Kasubag Humas AKP Soeparlan,SH menyampaikan, pihaknya telah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk ikut mengawasi jalannya isolasi mandiri yang dilakukan oleh keluarga pasien.

Baca Juga :  Iptu Umbaran Wibowo Imbau Petani Tak Gunakan Jebakan Listrik di Sawah

“Jadi kejadian kemarin itu Polres diminta untuk menjaga jangan sampai terjadi sesuatu. Dan kami sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas, untuk ikut mengawasi isolasi mandiri yang diminta keluarga pasien,” papar AKP Soeparlan. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.