Ini Elektabilitas Sejumlah Sosok di Pilkada Blora 2024 Versi LSI Denny JA

oleh -86 Dilihat
oleh
Illustrasi : Istimewa
Ucapan pelantikan Dewan

” SEDIKITNYA ada 15 nama yang dimungkinkan bisa meramaikan Pilkada Blora 2024, disurvey oleh lembagai survei yang selama ini sudah melakukan survei Pilkada di sejumlah daerah di Indonesia. Dan berikut hasilnya : ARIEF ROHMAN (61,4%), ABU NAFI (7,7%), PRAYOGO NUGROHO (2,5%), TRIYULI SETYOWATI (2,5%), AAN ROCHAYANTO (1,8%), SISWANTO (1,8%), AHMAD LABIB HILMY (1,1%), SAKIJAN (1,1%), HM DASUM (0,9%). ”

BLORA, topdetiknews.com – Ini elektabilitas sejumlah sosok di Pilkada Blora 2024 versi survei Citra Publik Indonesia (CPI) LSI Denny JA. Dalam konferensi pers di Omah Majapahit, Rabu (07/08/2024), Direktur CPI LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas mengemukakan, elektabilitas petahana Arief Rohman menempati posisi teratas dibanding sejumlah nama lainnya.

Bupati Blora

Elektabilitas berarti keterpilihan, dan jika dikaitkan dengan politik, elektabilitas adalah kemampuan atau kecakapan untuk dipilih menduduki suatu jabatan dalam pemerintahan.

Sedikitnya ada 15 nama yang disurvey oleh lembagai survei yang selama ini sudah melakukan survei Pilkada di sejumlah daerah di Indonesia. Dan berikut hasilnya : ARIEF ROHMAN (61,4%), ABU NAFI (7,7%), PRAYOGO NUGROHO (2,5%), TRIYULI SETYOWATI (2,5%), AAN ROCHAYANTO (1,8%), SISWANTO (1,8%), AHMAD LABIB HILMY (1,1%), SAKIJAN (1,1%), HM DASUM (0,9%).

Baca Juga :  Perindo Pastikan Juga Rekom Arief - Rini di Pilkada Blora 2024

Berikut, SRI SETYORINI (0,7%), EDY HARSONO (0,5%), MUSTOPA (0,5%), dan sejumlah nama lain tingkat elektabilitas di angka (0,5%). Sementara itu SWING VOTER di angka 16,8%.

Apa itu Swing voters, adalah istilah untuk para pemilih rasional yang dapat berubah pilihan sesuai dengan ide atau gagasan tertentu. Dengan kata lain, swing voters adalah pemilih yang pilihannya dapat berubah sesuai dengan ide atau gagasan dari calon presiden atau calon legislatif.

Dijelaskan Hanggoro Doso, survei dilaksanakan pada tanggal 15-20 Juli 2024. Metode sampling yang digunakan dalam survei adalah metode multistage random sampling, dengan margin error – /+ 4,8%. Teknik pengambilan data dalam survei ini melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan responden.

Untuk jumlah responden yang terlibat dalam survei ini mencapai 440 responden yang dipilih secara acak dan tersebar merata secara proporsional di seluruh Kabupaten Blora. Responden dalam survei adalah pemilih yang memiliki hak politik 17 tahun keatas atau yang sudah menikah.

Dalam survei, CPI LSI menanyakan jika pemilihan kepala daerah dilangsungkan hari ini, siapa yang dipilih oleh responden. Untuk tingkat elektabilitas tertutup ditemukan, Arief Rahman teratas di posisi pertama sebesar 61,4%, disusul posisi kedua Abunafi sebesar 7,7%.

Baca Juga :  Bawaslu Gandeng Badan Kesbangpol akan Gencarkan Pendidikan Politik Masyarakat.

Prayogo Nugroho dan Tri Yuli Setyowati memiliki angka yang sama sebesar, 2,5% di urutan ketiga, selanjutnya Aan Rochayanto dan Siswanto dengan angka yang sama di posisi keempat, sebesar 1,8%. Selebihnya kandidat yang memiliki elektabilitas dibawah 1,1%. Adapun swing voter tersisa sebesar 16,8%. ***

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.