Ingin Segera Turun Level 2 PPKM, Blora Genjot Vaksin Lansia

oleh -
JEMPUT BOLA : Untuk mengejar target vaksinasi covid-19, petugas gabungan di masing-masing kecamatan di Blora jemput bola. Mereka mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan vaksinasi warga.

” MENURUT Kepala Dinkes Kabupaten Blora, Edy Widayat, untuk bisa ke level 2 capaian vaksinasi dosis satu harus minimal 60 persen. Sementara untuk  vaksinasi lansia minimal adalah 40 persen, ‘’ posisi di Blora, untuk vaksin dosis 1 umum sudah di angka 60,86. Sedangkan vaksinasi lansia ada di angka 52, 5  persen,’’ jelasnya. ”

BLORA, topdetiknews.com – Inginkan segera turun ke level 2  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Blora genjot vaksin covid-19, utamanya untuk lansia. Di sejumlah kecamatan, bahkan petugas gabungan turun dari rumah ke rumah untuk memvaksin warga.

Menurut Kepala Dinkes Kabupaten Blora, Edy Widayat, untuk bisa ke level 2 capaian vaksinasi dosis satu harus minimal 60 persen. Sementara untuk  vaksinasi lansia minimal adalah 40 persen, ‘’ posisi di Blora, untuk vaksin dosis 1 umum sudah di angka 60,86. Sedangkan vaksinasi lansia ada di angka 52, 5  persen,’’ jelasnya.

banner 728x90

Edi menegaskan, cakupan vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Blora perlu untuk menjadi perhatian bila dibandingkan daerah lainnya di Jawa Tengah. Pasalnya, jumlah cakupan vaksin lansia di Blora ada di nomor 4 dari belakang. 

‘’Pemkab Blora akan mengejar cakupan vaksinasi bagi lansia, dan untuk mencapai capaian vaksinasi lansia di angka 60 persen, dibutuhkan sekitar 20 ribu sasaran,’’ tambah Edy Widayat yang pernah menjabat Camat Todanan itu. 

90 Persen

Baca Juga :  Sosialisasikan Peluang Kerja Ke Luar Negeri Edi Wuryanto gandeng BP2MI

Sementara itu, dalam rapat evaluasi pengendalian covid-19, Bupati Blora, Arief Rohman mendorong agar desa-desa yang ada di Blora untuk memiliki target capaian vaksinasi harian. Dikatakan, apabila dalam satu hari setiap desa yang ada di Blora mampu menyuntik hingga 100 sasaran, maka akan ada kenaikan yang signifikan.

“Saya hitung sampai 30 November nanti, jika sehari bisa 100 suntikan per desa dikalikan dengan 295 desa/kelurahan, berarti akan bertambah sekitar 33 persen. Jadi jika posisi saat ini 60 persen ditambah 33 persen nanti akhir November kita sudah di angka 90  persen.  Kalau kita di angka 90 persen capaian nanti kita bisa turun ke level 1,” tandas Bupati Arief.

Apa yang diinginkan orang nomor satu  di Blora itu ditindaklanjuti hingga ke pelosok pedesaan. Seperti yang dilakukan oleh petugas gabungan dan di Kecamatan Tunjungan, Senin, (29/11/2021).

Petugas dari Polsek dan Koramil serta Puskesmas Tunjungan, termasuk petugas dari Kecamatan setempat, melakukan vaksinasi secara door to door ke warga. Mereka blusukan ke sejumlah warga di Desa Tamanrejo.

Menurut Kapolsek Tunjungan, AKP H. Soeparlan,SH, blusukan ke rumah-rumah warga untuk vaksin itu merupakan salah satu komitmen bersama petugas lintas sektoral di Blora untuk mendongkrak jumlah vaksinasi di Blora dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

“Kita berikan kemudahan kepada warga, terutama para lansia ataupun warga yang tinggal di pelosok desa, mungkin tidak ada sarana transportasi mereka kita datangi dan kita lakukan vaksinasi,” tambah AKP Suparlan yang pernah menjabat Kasubbag Humas Polres Blora itu.

Baca Juga :  Barongan Tunas Muda Padaan Japah Diapresiasi Bu Kokok

Dalam waktu  bersamaan, petugas gabungan di Kelurahan Kauman, Blora Kota juga melakukan vaksinasi warga. Menurut Lurah Kauman, Marthin Ukie Andhana, SE Msi, untuk kegiatan vaksinasi di wilayahnya, Senin (29/11), petugas gabungan berhasil memvaksin 60 warga. Rinciannya, untuk lansia 3 orang, remaja 4 orang dan masyarakat umum 53 orang. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

banner 728x90

No More Posts Available.

No more pages to load.