Erick Thohir Dukung Cepu Jadi Pusat Ekonomi Kabupaten Blora

oleh -
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
  • Wawancara Eksklusif Dengan Menteri BUMN

” CEPU akan menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora. Pasalnya, Menteri  BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Blora menyatakan akan mendukung  Cepu menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora yang merupakan kota di Jawa Tengah di bagian ujung paling Timur.”

BLORA, topdetiknews.com  –  Impian yang akan menjadi kenyataan tentang prospek Cepu untuk menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora. Pasalnya, Menteri  BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Blora menyatakan akan mendukung  Cepu menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora yang merupakan kota di Jawa Tengah di bagian ujung paling Timur.

Berikut wawancara eksklusif dengan Menteri BUMN, Erick Thohir saat kunjungan kerja di Blora, Minggu (22/8). Dia menyatakan, setelah cek bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bagaimana kondisi airport Ngloram yang baru, tampaknya bisa dikoneksitivitaskan dengan KA kebetulan ada di depan airport.

Dikatakan, rencana mengkonektivitaskan Bandara Ngloram dengan KA, karena memang salah satu pemikiran Pemkab Blora, Bupati dan Wakil Bupati, bagaimana keberadaan airport yang baru bisa menjadikan Cepu menjadi pusatnya ekonomi Blora. ‘’Jadi Blora tetap sebagai pusat pemerintahan sementara Cepu sebagai pusat ekonomi,’’  papar  Erick Thohir.

Menurutnya, BUMN telah melihat opportunity yang sedang berkembang di Cepu, pemerintah juga sudah punya Pertamina di Cepu, kiranya pemerintah namun juga bisa mengembngkan ekonomi yang ada di Cepu.

Baca Juga :  Lagi, 4 Santri Temboro di Blora Positif Hasil Rapid Test

‘’Jadi  disaat seperti ini (pandemi covid -19) kita harus bergotong royong. Seperti melayani rakyat dari segi kesehatan,  tetapi yang tidak kalah pentingnya mebangun ekonomi secara seimbang. Ini sudah ada petrashop, juga Mekar. Jadi ekonomi dari bawah harus tumbuh jangan sampai yang besar menjadi besar, yang kecil menjadi tambah kecil,’’ pungkas  Menteri  BUMN Erick Thohir.

Diketahui, di sela-sela kunjungan kerja tiga Menteri di Blora, masing-masing  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Minggu (22/8) lalu, ada prospek pembangunan ekonomi di Blora.

Penerbangan Komersial

Saat berada di Blora, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan keinginannya agar Oktober nanti sudah dibuka penerbangan komersial di Bandara Ngloram.

“Setelah pertemuan antar Pemkab dan beberapa BUMN serta perusahaan swasta yang ada di sekitar bandara, semoga Oktober nanti sudah bisa dibuka penerbangan umum. Kedepan kita juga ingin menggeser Stasiun Cepu ke depan bandara ini agar intermoda transportasinya bisa terwujud mengingat lokasi bandara dekat dengan rel kereta api,” kata Budi Karya Sumadi.

Atas rencana itu, Bupati Blora, Arief Rohman menyatakan bersyukur. ‘’Sudah jelas, Pak Menteri Perhubungan mentargetkan semoga Oktober sudah ada penerbangan komersil yang ke Blora ini. Langkah awal akan diundang Pemda Blora, Bojonegoro, Tuban, Rembang, Grobogan dan Ngawi daerah yang mengelilingi bandara itu untuk diajak koordinasi, sekaligus beberapa perusahaan besar seperti Exxon, Pertamina, Semen Indonesia, guna membahas pembukaan penerbangan, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Alhamdulilah, 321 Warga Dua Kelurahan Terima BST Berikut Beras Dari Bulog

Selain itu, lanjutnya, terkait Menteri Perhubungan, Menteri BUMN dan Mensesneg mempunyai usulan wacana pemindahan stasiun kereta api Cepu nanti digeser di depan bandara, Bupati Arief menyambut positif. ‘’Jika itu terealisasi, nantinya biar terintegrasi menjadi intermoda transportasi kereta api dan udara, ini juga nanti akan kita koordinasikan lebih lanjut. ‘’

Menurutnya, pengguna transportasi udara melalui Bandara Ngloram diperkirakan akan banyak. Melihat bahwa di Kabupaten Blora dan daerah sekitarnya banyak terdapat aset-aset milik pemerintah pusat maupun perusahaan-perusahaan swasta. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.