Dua Tahun Gagal Berangkat, Daftar Tunggu Haji Blora 27 Tahun

oleh -38 views
Foto : Istimewa

” BATALNYA pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) di tahun 2021 ini, daftar tunggu (waiting list) jamaah haji di Blora semakin panjang, yakni mencapai 27 tahun. Artinya, jika ada warga Blora yang daftar haji saat ini, jadwal pemberangkatannya di tahun 2048… ”

BLORA topdetiknews.com –  Menyusul adanya keputusan batalnya pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) di tahun 2021 ini, daftar tunggu (waiting list) jamaah haji di Blora semakin panjang, yakni mencapai 27 tahun. Artinya, jika ada warga Blora yang daftar haji saat ini, jadwal pemberangkatannya di tahun 2048.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Blora, H. Dwiyanto, menjelaskan, sudah dua tahun ini tidak ada pemberangkatan haji terkait masih pandemi covid-19, praktis daftar tunggu haji di Blora juga mundur dua tahun lagi.

‘’Daftar tunggunya mencapai 27 tahun, artinya jika ada warga yang mendaftar haji tahun ini jadwal pemberangkatannya di tahun 2048 mendatang. Mudah-mudahan pandemi bisa segera berlalu,’’ jelas Dwiyanto.

Apakah dengan batalnya haji tahun ini ada calon jamaah yang menarik kembali uangnya ? Dijelaskan Dwi, ada dua orang calon haji asal Ngawen yang menarik dana haji. Alasannya, dana haji ditarik untuk keperluan anaknya yang sedang membutuhkan dana.

Diketahui, sudah ada kepastian untuk musim haji 2021 ini tidak ada pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH). Pihak Kemenag Blora pun segera membuat surat untuk para JCH Blora yang sedianya akan berangkat ke Makkah tahun ini.

Pembatalan keberangkatan jamaah haji juga terjadi di tahun 2020, Waktu itu berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H / 2020 M, 625 calon jamaah haji (CJH) Blora kuota tahun 2020 gagal berangkat ke tanah suci.

Di tahun 2021, jumlah jamaah calon haji Blora, semula 617 orang, hanya saja dalam perjalanan berubah tinggal 608. Untuk yang 9 orang, sebagian ada yang meninggal dunia, sebagian lagi ada yang mutasi ke kabupaten lain. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.