DB di Blora Merangkak Naik, Dinkes Ingatkan Warga Untuk Giat PSN

oleh -
FOGGING : Petugas dari Dinkes Blora tengah melakukan fogging di Kelurahan Kauman, Blora Kota, Sabtu (25/9/2021). Menyusul di wilayah kelurahan setempat ditemukan ada 4 kasus Demam Berdarah.
  • Sudah 34 Warga Terserang

” KASUS Demam Berdarah (DB) merangkak naik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora ingatkan agar warga untuk giat melakukan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN). ‘’Hanya dengan PSN yang paling efektif untuk menekan lonjakan kasus DBD,’’ jelas Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat, Minggu (26/9/2021).”

BLORA, topdetiknews.com – Menyusul kasus Demam Berdarah (DB) merangkak naik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora ingatkan agar warga untuk giat melakukan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN). ‘’Hanya dengan PSN yang paling efektif untuk menekan lonjakan kasus DBD,’’ jelas Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat, Minggu (26/9/2021).

Dikatakan, selama ini jika di suatu wilayah ditemukan ada kasus DB, pihaknya segera melakukan fogging. ‘’Kita fogging jika ada kasus di suatu wilayah, hanya ingat fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, sementara dengan PSN  bisa membunuh hingga ke jentik-jentik nyamuk,’’ tambah Edy Widayat.

Dari pantauan, menyusul di Kelurahan Kauman ditemukan ada 4 warga setempat yang terkena DB dan warga menginginkan ada fogging, Dinkes  Blora telah melakukan fogging di Kelurahan setempat. Tepatnya di wilayah  RT 3 dan RT 4 /RW 2 Kelurahan setempat.

Lurah Kauman,  Marthin Ukie Andhana, SE, Msi, ucapkan terimakasih kepada Puskesmas Blora dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora atas ditindaklanjutinya usulan dari warga untuk disemprot atau fogging.

‘’Kepada warga Kauman saya berharap  untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing – masing untuk mencegah demam berdarah dengan melaksanakan 3 M (menguras, menutup, mengubur),’’ papar Lurah Ukie. Ditambahkan, memang akhir-akhir ini ada 4 warganya yang terkena DB.

Baca Juga :  Berharap Calon Bupati Blora Terpilih Mau Inisiasi Beli Peralatan Swab Mobile ( 3 )

34 Kasus

Diketahui,  saat ini kasus demam berdarah dengue (DBD) cenderung naik. Hingga Rabu  (23/9 /2021) tercatat ada 34 warga Blora yang terserang penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk aedes Aegypti itu.

Sementara itu, untuk yang terindikasi  Demam Dengue (DD) – masuk kategori DBD tetapi belum parah –red) ada 84 orang.  Informasi di Blora Kota, tepatnya di Kelurahan Kauman ada 4 anak yang terkena DB, dan warga setempat berharap dari Dinkes segera melakukan fogging di lingkungan warga yang terserang DB tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Sutik, ketika dikonfirmasi membenarkan jika  hingga akhir bulan September 2021,  tercatat ada 34 warga Blora yang terserang DBD. Sementara itu untuk yang teridentifikasi DD sejumlah 84 orang.

Dijelaskan, untuk yang masuk kategori  Demam Dengue sebenarnya sama dengan DBD, hanya belum parah dan trombositnya belum naik 20 persen. Untuk itu Sutik mengingatkan, agar seluruh warga Blora untuk waspada dengan potensi merebaknya serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini.

Dari data yang ada, 5 Puskesmas tertinggi kasus DBD –nya masing-masing, Puskesmas Blora, Puskesmas Cepu, Puskesmas Kutukan (Randublatung), Puskesmas Jepon dan Puskesmas Tunjungan.

Sementara itu untuk kasus DD yang jumlahnya 84 kasus, 5 Puskesmas yang kasusnya tertinggi masing-masing berada di Puskesmas Blora, Puskesmas Tunjungan, Puskesmas Japah, Puskesmas Todanan dan Puskesmas Cepu. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.