Atas Nama Kemanusiaan, Empat Polisi Blora Donor Plasma

oleh -90 views
JALANI SCREENING : Salah satu anggota Polres Blora calon pendonor plasma tengah jalani screening yang dilakukan oleh petugas PMI Tuban, Jawa Timur, Rabu (3/3/2021).

” DALAM rangka  kemanusiaan, jajaran Polres Blora bekerja sama dengan PMI Tuban, Jawa Timur menggelar screening donor plasma konvalesen di lingkungan Polres setempat, Rabu (3/3/2021). Kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu jika ada pasien Covid-19 yang membutuhkan donor plasma…”

 BLORA, topdetiknews.com  – Luar biasa yang dilakukan oleh jajaran Polres Blora dalam rangka  kemanusiaan. Yakni, bekerja sama dengan PMI Tuban, Jawa Timur menggelar screening donor plasma konvalesen di lingkungan Polres setempat, Rabu (3/3/2021). Kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu jika ada pasien Covid-19 yang membutuhkan donor plasma.

Dalam kegiatan itu terpilih ada empat anggota di lingkungan Polres Blora yang telah berhasil bertahan dari serangan Covid-19 (penyintas), yang dinyatakan lolos dan layak untuk melakukan donor plasma.

Menurut  Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK, melalui Paur Kesehatan Polres Blora, Aiptu Dian Hari Purnomo,S.Kep, jajarannya bekerjasama dengan PMI Tuban menggelar screening donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 (orang yang telah berhasil bertahan dari serangan Covid-19) di lingkungan Polres Blora).

Tercatat ada 6 penyintas Covid-19 di lingkungan Polres Blora dan mereka termasuk kelompok tanpa ada komorbid atau penyakit penyerta.

 Dijelaskan, tahapan awal, dilakukan screening oleh PMI Tuban bagi penyintas Covid-19 untuk dilihat hasil sampel darah. Dimaksudkan, apakah orang itu memenuhi syarat atau tidak untuk dilakukan donor plasma konvalesen selanjutnya. Sementara itu, untuk pelaksanaan donor plasma konvalesen akan dilakukan di PMI kabupaten Tuban.

“Ada 6 penyintas di lingkungan Polres Blora, selanjutnya dilakukan screening terlebih dahulu untuk dilihat memenuhi syarat atau tidaknya dilakukan donor plasma konvalesen,” jelas Paur Kesehatan Polres Blora.

 Dalam pelaksanaannya,  Tim dari PMI Tuban datang ke Mapolres Blora untuk mengecek 6 anggota yang akan melakukan donor plasma.  Setelah dilakukan screening ada 4 anggota memenuhi syarat untuk dilakukan donor plasma. Setelah lolos tahap screening itu, empat anggota tersebut akan dilakukan pengambilan darah di PMI Tuban.

 “4 Anggota Polres Blora lolos screening dan dibawa ke PMI Tuban untuk dilakukan donor plasma. Untuk sementara dari 4 anggota itu ada salah satu anggota yang tensinya tinggi, sehingga gagal untuk ikut donor plasma,” beber Aiptu Dian.

Sebanyak tiga anggota Polres Blora yang telah melakukan donor plasma di PMI Tuban tersebut, masing-masing Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Blora, Iptu Edi Santosa,SH, Kasat Tahti, Ipda Deni Subiyanto serta anggota Satreskrim,  Briptu Hari Firmanto

Ditambahkan Aiptu Dian, dipilihnya PMI Tuban karena untuk PMI Blora belum mempunyai peralatan untuk kegiatan tersebut. Di  PMI Tuban telah mempunyai peralatan lengkap untuk pelaksanaan donor darah plasma. Sebagai informasi, plasma darah konvalesen ini terbukti berhasil menyembuhkan penderita Covid-19.

Kendati demikian, plasma darah konvalesen yang didonorkan tidak serta merta bisa langsung digunakan kepada pasien Covid-19. Perlu ada screening yang dilakukan untuk memastikan plasma tersebut aman. *)

Penulis : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.