APBD Blora 2022 Naik Rp 1 Triliun ?

oleh -
SIswanto

” TAHUKAH anda jika saat ini ada wacana APBD Blora dimungkinkan akan naik Rp 1 Triliun. Diperoleh informasi eksekutif telah mengajukan rencana Kebijakan Umum APBD (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara  (PPAS) tahun 2022 ke DPRD Blora…..”

BLORA,topdetiknews.com  – Ada Wacana APBD Blora dimungkinkan akan naik Rp 1 Triliun. Diperoleh informasi eksekutif telah mengajukan rencana Kebijakan Umum APBD (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara  (PPAS) tahun 2022 ke DPRD Blora.

Wakil Ketua DPRD Blora, Siswanto Spd ketika dikonfirmasi membenarkan jika saat ini pihak eksekutif telah mengajukan KUA PPAS 2022 ke DPRD. ‘’Ya benar memang sudah diajukan dan melihat angkanya ada proyeksi kenaikan APBD Blora tahun 2022 sebesar Rp 1 Triliun,’’ jelasnya.

Menurut Siswanto, atas ajuan itu secara maraton DPRD Blora  akan bahas siang malam mulai yang sesuai Jumat(30/7/2021. ‘’Pembahasan tidak terkecuali soal angka dalam Rancangan KUA PPAS 2022, anggaran rencana 3,1 Triliun,’’ tandas Siswanto yang Ketua DPD Golkar Blora itu.

Untuk APBD Blora tahun-tahun sebelumnya ? Dijelaskan untuk tahun anggaran 2019, 2020, 2021, APBD Blora di angka Rp 2,1 Triliun. Sehingga jika di tahun 2022 angkanya Rp 3,1 Triliun akan ada proyeksi kenaikan anggaran Rp 1 Triliun.

Terkait adanya proyeksi kenaikan APBD di tahun 2022 itu, lanjut Siswanto, DPRD ingin mengetahui anggaran tambahan Rp 1 Triliun dari mana saja sumbernya. Lalu akan digunakan untuk apa saja pada 2022.

Baca Juga :  Blora Zona Merah Covid-19, Seorang Pasien Positif Meninggal Dunia

‘’ Sebagai wakil rakyat, DPRD, khususnya badan anggaran (Banggar) harus tahu semua anggaran pemerintah. Apakah termasuk, kenaikan Rp 1 Triliun itu ada sumber pinjaman dari Bank atau tidak. Karena kalau ada pinjaman dari Bank, maka Pemerintah Kabupaten Blora wajib meminta persetujuan DPRD,’’ cetus anggota Dewan dari  Ngawen itu.

Sementara itu Sekda Kabupaten Blora, I Gede Komang Irawadi ketika dikonfirmasi menjelaskan, rencana kenaikan anggaran Blora di tahun 2022 itu, asumsi proyeksi kenaikan anggaran dari DAK, Bantuan Keuangan dan alternatif dari pinjaman ‘’Tapi saya kira masih perlu pembahasan lebih detail lagi karena anggaran kita sangat tergantung dari pusat,’’ papar Sekda Komang. *)

Reporter : Muji
Editor : Daryanto

No More Posts Available.

No more pages to load.