4 Kecamatan Buka Perpanjangan Pendaftaran PTPS

oleh -749 Dilihat

Blora, Topdetiknews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora memperpanjang masa pendaftaran calon Pengawas TPS di 5 (lima) Kecamatan. Kecamatan itu meliputi Kecamatan Blora, Kecamatan Banjarejo, Kecamatan Bogorejo, Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Randublatung.

Perpanjangan masa pendaftaran ini lantaran beberapa TPS di 5 (lima) Kecamatan tersebut belum memenuhi jumlah minimal pendaftar. Sesuai dengan SK Ketua Bawaslu RI nomor 0329/K.BAWASLU/HK.01.00/IX/2020 tentang Pedoman Pembentukan Pengawas TPS, jumlah pendaftar harus dua kali kebutuhan di tiap TPS.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Blora, Achmad Rozak mengatakan masa pendaftaran sekaligus penelitian berkas dokumen administrasi setiap peserta ditutup pada 15 Oktober. Hingga hari terakhir, ada 5 Kecamatan yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota.

“Calon Pengawas TPS yang dibutuhkan di 16 Kecamatan sesuai jumlah TPS yakni 2.198 orang. Dalam proses perekrutan, jumlah pendaftar di setiap TPS minimal harus ada dua orang agar bisa diseleksi.” Ujarnya di Kantor Bawaslu Blora, Jumat (16/10).

Baca Juga :  Cegah Pelanggaran Sedini Mungkin, Bawaslu Gelar Sosialisasi

Apabila saat masa perpanjangan pendaftaran calon Pengawas TPS berakhir, namun jumlah pendaftar belum memenuhi kuota maka dilanjutkan dengan masa perpanjangan kedua.

“Saya harap dalam masa perpanjangan pertama nanti seluruh TPS dapat terpenuhi jumlah minimal pendaftar. Jika belum memenuhi, maka perpanjangan pendaftaran tahap kedua akan kita lakukan di TPS yang minim pendaftar.” tambah Rozak.

Sementara berkaitan minimnya pendaftar, Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim mengatakan bahwa proses rekrutmen sudah di informasikan ke masyarakat melalui pemberitaan dan iklan di media, baik cetak, on line maupun radio.

“Kami belum bisa menyimpulkan tidak terpenuhinya pendaftar ini (Pengawas TPS), ada kemungkinan karena masa pandemi Covid-19. Bawaslu dalam proses rekrutmen sangat terbuka. Pengumuman sudah kami informasikan melalui semua media Bawaslu Blora. Dan media partner baik cetak, online juga radio”. Ungkap Andyka. Rls

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.