2019, HIV/AIDS di Blora Capai 216 Kasus

oleh -16 views
PENYULUHAN HIV - Petugas Dinkes Blora tengah melakukan penyuluhan HIV/AIDS di Rutan Blora.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Lilik Hernanto SKM Mkes, dari 216 kasus HIV/AIDS yang ada di Blora selama tahun 2019, 5 diantaranya meninggal dunia.

BLORA,topdetiknews.com – Cukup mencengangkan, jumlah kasus HIV/AIDS di Blora di tahun 2019 mencapai 216 kasus. Rinciannya yang HIV 124 kasus sementara yang sudah meningkat ke AIDS sebanyak 92 kasus.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Lilik Hernanto SKM Mkes, ketika dikonfirmasi membenarkan jumlah kasus HIV/AIDS di Blora tersebut. ”Dari jumlah kasus yang ada 5 diantaranya meninggal dunia,” tandasnya.

Untuk tahun 2020 ? Dijelaskan Lilik di Januari 2020 terdeteksi ada 5 kasus, semuanya masih HIV. ”Untuk kasus 2020 ada 5 kasus HIV,” tambahnya.

Dikemukakan, ada sejumlah program Dinkes di tahun 2020 untuk menekan kasus penyebaran HIV/AIDS, diantaranya peningkatan screening Ibu hamil, pelaksanaan Voluntary Counseling and Testing (VCT) pada sejumlah kelompok resiko tinggi.

VCT yang merupakan serangkaian tes untuk mengetahui seseorang apakah positif atau negatif mengidap HIV dilakukan pada PSK, warga binaan di LP.

Selain itu juga melakukan penyuluhan HIV-AIDS di sekolah-sekolah. ”Targetnya sekolah-sekolah di 26 wilayah puskesmas, minimal 1 puskesmas sasarannya 100 siswa/murid,”beber Lilik.

Untuk masyarakat umum, Dinkes melakukan penyuluhan HIV/AIDS melalui seminar atau talk show. Termasuk pengobatan dan rujukan penderita. (Bagas/C54/red)

Baca Juga :  Penderita Tumor Menahun Butuh Uluran Tangan